Twitter Rilis Hashflag Ramadan, Idul Fitri dan Piala Dunia


Sudah lama ngga ngeblog, terus nyoba bikin postingan baru, rasanya seperti ketemu mantan di pinggir kali :)

Untuk mengembalikan semangat ngeblog, saya mencoba menulis postingan ini. Yuk mulai!

Ketebulan kemarin sempat login ke akun Twitter saya @ohna2s yang setelah sekian tahun pensiun karena ga punya follower yang ribuan. Banyak yang berubah dari Twitter, mulai dari avatar, kini ada header photo, pengelompokan tweet dan lain-lainnya yang saya belum ketahui. Rasanya saya benar-benar seperti ketemu mantan :)

Dan pada bulan Ramadan ini, kelihatannya Twitter juga tidak mau ketinggalan dalam merayakan momen bulan suci umat Islam ini, dengan menghadirkan sebuah fitur baru berupa hashflag (#) beberapa waktu yang lalu.

Kalian yang biasa maenan Twitter bisa mencoba dengan menulis tweet #ramadan, maka akan muncul sebuah icon bulan sabit, dan untuk #eid akan muncul icon kaligrafi arab. Berikut contoh dari tweet yang saya buat:


Dan yang tak kalah pentingnya, kalian juga bisa menanyakan jadwal imsak dan berbuka puasa dengan mengirim mention ke akun @alarabiya dengan hashtag #imsak untuk waktu imsak atau #iftar untuk waktu berbuka puasa dengan di ikuti nama kota kalian, misal; Agan @alarabiya what time is #imsak in #bondowoso today?. Maka setelah itu kalian akan mendapat reply dari agan @alarabiya tersebut. Keren kan?!

Hanya saja, hasil dari berselancar di Google dan temen-temen blogger, untuk mention waktu imsak dan berbuka kadang tidak akurat dan sering ngacok dengan waktu di daerah kita sendiri. Mungkin pas dapet mention, agan @alarabiya lagi makan sahur atau sedang berbuka, jadinya dia reply seadanya. :)

Selain ada fitur hashflag #ramadan dan #eid, Twitter juga menghadirkan hashflag edisi Piala Dunia 2014. Dengan menulis tiga (3) huruf pertama (dengan ejaan bahasa Inggris) dari nama negara peserta Piala Dunia 2014, maka akan muncul icon berupa bendera dari negara tersebut. Berikut contoh tweet yang saya buat:


Fitur tambahan lainnya adalah Tweet Map. Fitur ini memungkinkan para pengguna mengetahui siapa saja yang sedang membicarakan dan berkicau tentang Ramadan melalui map yang interaktif. Nah untuk yang ini saya belum mencobanya, mungkin kalian bisa mencoba sendiri.

Semangat ngeblog!! :)


Referensi:
  • http://twitter.com
  • http://www.geyown.com/twitter-luncurkan-fitur-ramadan
  • http://www.infotipsku.com/2014/06/twitter-rilis-hashflag-ramadan-juga.html
  • http://www.veooz.com/news/lHFjWrh.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencoba Windows Live Writer